BMKG: Kecepatan Angin di Sumbar hingga 60 Kilometer Per Jam, Waspada Pohon Tumbang

Ilustrasi angin kencang.
Ilustrasi angin kencang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memprediksi angin kencang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Sumatra Barat (Sumbar).  Kecepatan angin mencapai 34 knot atau setara dengan 60 kilometer per jam.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG BIM, Yudha Nugraha mengatakan Kota Padang masih akan dilanda hujan mulai dari intensitas ringan hingga sedang, juga angin kencang.

“Kecepatan angin mencapai 34 knot atau setara dengan 60 kilometer per jam. Melebihi dari batas kategori ekstrem yang memiliki kecepatan 25 Knot,” katanya dikutip dari Info Publik, Senin (5/4/2021).

Selain Kota Padang, daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem antara lain, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Limapuluh kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Pesisir Selatan.

Yudha mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana banjir, longsor dan pohon tumbang.

“Waspadai potensi hujan yang disertai angin kencang pada sore dan malam hari. Sebab, angin kencang bisa berpotensi menyebabkan pohon tumbang,” imbau Yudha.

Sumber