Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pasar Pariaman yang Akan Diresmikan Wapres Dilengkapi Selter Bencana

Senin, 05 April 2021 | 13:21 WIB Last Updated 2021-05-31T23:49:58Z

Ini contoh iklan

Pasar Pariaman
Pasar Pariaman

Pasar Pariaman yang rencana akan diresmikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada Selasa (6/4/2021) juga dilengkapi selter bencana, bila terjadi tsunami. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi saat mengecek persiapan peresmian Pasar Rakyat di Kota Pariaman, Minggu (4/4/2021).

Gubernur mengatakan, Pasar Rakyat Kota Pariaman dengan tinggi bangunan empat lantai dilengkapi konstruksi atap dengan beton dapat digunakan sebagai selter. “Akses dari lantai satu ke lantai empat dilengkapi dengan lift, ekskalator dan juga tangga. Hal ini sangat memudahkan masyrakat naik ke lantai empat. Kemudian pengaturan bagi para pedagang juga sudah tertata dengan baik,” ujar gubernur.

Ia mengatakan, hal yang menarik lainnya dengan Pariaman adalah destinasi wisatanya yang terus berbenah, baik pantai maupun pulau. Objek wisata itu akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kota Pariaman.

“Kami yakin dan percaya kedepan pasar ini akan banyak dikunjungi masyarakat karena akses ke sini bisa melalui darat dengan mengunakan kendaraan pribadi, dan menaiki kereta api dari Kota Padang ke Pariaman,” katanya, sebagaimana dirilis Humas Pemprov Sumbar.

Ia juga meminta kepada  pedagang maupun pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dubukau sebagai kunci agar pasar ini tidak sampai menjadi klaster baru penyebaran virus corona.

“Kami pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten/kota akan terus berupaya mengendalikan Covid-19 sehingga dapat kita landaikan. Dengan terkendalinya covid ini, masyarakat akan lebih banyak lagi ke daerah objek wisata di sumbar salah satunya kota Pariaman ini,” katanya.

Mudah-mudahan dengan sinergi tersebut dan dukungan masyarakat dengan mematuhi protokol covid-19 dalam rangka pengendalian, sehingga menjadikan keamanan penjual dan pilihan pariwisata ke kota pariman akan lebih baik lagi.

“Sehingga dengan dekatnya keberadaan pasar tersebut dengan objek wisata diharapkan dapat meningkatkan omset  bagi pedagang dari hari ke hari,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Genius Umar juga mengatakan hasil pengecekan pasar hari ini kondisi pasar sudah 80 persen. Hari ini Senin (5/4/2021) juga dilakukan persiapan gladi. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Kota Pariaman.

“Yakni proses vaksinasi  bagi lansia dan calon jemaah haji Kota Pariaman tepatnya di Kuraitaji, peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman dan penanaman pohon pinago di Pantai Taluak Pariaman,” ujarnya.

Proses vaksinasi bagi lansia dan calon jemaah haji itu akan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden di Puskesmas Pariaman yang bertempat di Puskesmas Kuraitaji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman.

“Dan dilanjutkan peresmian pasar rakyat Kota Pariaman dan terakhir melakukan penanaman pohon pinago di Pantai Taluak Kota Pariaman, mudah-mudaha kegiatan ini lancar dengan kedatangan wakil presiden semoga menjadi motivasi demi kemajuan Kota Pariaman kedepan,” katanya.

Sebelumnya, situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum merilis, Pasar Pariaman mulai dibangun bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman pada Desember 2019 lalu di atas lahan seluas 5.431 meter persegi.

Rilis tersebut menyebutkan, revitalisasi pasar ini dilengkapi dengan konstruksi atap dak beton sebagai selter apabila terjadi bencana tsunami. Pasar Pariaman juga dilengkapi dengan ramp di sisi selatan bangunan agar dapat dimanfaatkan sebagai lokasi evakuasi. Konstruksi dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung dengan anggaran Rp 89,74 miliar.

Sumber